Pahlawan

Bangsa ini memperingati HARI  PAHLAWAN pada hari ini, namun perayaannya serasa datar dan hambar, pada hal kita bisa seperti sekarang ini adalah berkat perjuangan dan pengorbanan mereka. Apakah bangsa ini telah melupakan jasa-jasa yang telah mereka sumbangkan?

 

Seharusnya jawabannya “TIDAK”, namun pada kenyataannya jawaban “YA” yang lebih relevan. Pola kehidupan kita sudah sangat jauh berbeda dengan masa masa yang dulu, dimana pada saat ini hampir kebanyakan diantara kita sudah lebih cenderung materialistis dan  disementara pihak hanya mementingkan kepentingan golongan atau kelompoknya saja.

 

Bila dibandingkan dengan  para PALAWAN kita dulu yang berjuang sampai titik darah penghabisan dan rela mengorbankan segala-galanya bahkan jiwa dan raganya sekaligus demi membela bangsa dan negaranya, rasanya tak sebanding dengan perjuangan kita  di era sekarang ini.

 

Namun demikian kita tak perlu berkecil hati, pada hakekatnya  banyak muncul para pejuang saat ini, namun karena gregetnya kurang bergaung maka hasil perjuangannya tersebut kurang diketahui masyarakat secara luas.

 

Kita ambil contoh, perjuangan sang advokat David Tobing yang selalu memperjuangkan HAK HAK KONSUMEN dengan gigih. Saya sangat tertarik dengan pola perjuangan beliau ini, karena kelihatannya yang diperjuangkannya hal hal kecil, namun punya makna yang luas dalam konteks hak konsumen dan kaitannya dengan hukum.

 

Seperti kasus perkara masalah parkir yang jumlahnya hanya Rp.1000,- dimana dia berjuang untuk itu hampir selama 4 tahun di pengadilan yang kemudian perkaranya dimenangkannya. Sepintas perkara ini mungkin dikebanyakan kita akan mentertawakannya, sebab sebenarnya tidak sebanding lagi biaya perkara dengan gugatannya yang hanya Rp.1000,- Namun makna tuntutan ini sangat besar dalam perspektif hukum serta menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk memperjuangkan hak haknya. Masih banyak lagi perkara beliau ini yang unik dan  tak kalah gigihannya dengan kasus diatas.

 

Seandainya makin banyak david david lainnya di negeri ini, niscaya pengorbanan para pahlawan kita dulu tidak akan sia sia dalam memperjuangkan negeri ini, dan cita-cita ADIL dan MAKMUR tidak seedar impian lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: